Peran Artificial Intelligence Dalam Personalisasi Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v3i2.288Keywords:
Kecerdasan Buatan (AI), Pembelajaran Perguruan Tinggi, Efektivitas Pembelajaran, Integrasi Teknologi, Privasi DataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Metode penelitian ini melibatkan analisis terhadap literatur yang relevan dan wawancara dengan mahasiswa serta dosen yang telah menggunakan teknologi AI dalam konteks pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi AI dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih personal, adaptif, dan terfokus, yang pada gilirannya meningkatkan keterlibatan dan prestasi akademik mahasiswa. Namun, tantangan terkait dengan privasi data dan kesiapan teknis juga perlu diatasi untuk memastikan keberhasilan implementasi teknologi AI dalam pendidikan tinggi.
References
Afilaily, N. (2022). Peran Sentra Batik Tulis Dalam Peningkatan Pendapatan Keluarga Perempuan Pengrajin Dalam Perspektif Ekonomi Islam Studi Kasus Di Batik Tulis Dermo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. IAIN Kediri.
Akhmad, A., Badruddin, S., Januaripin, M., Salwa, S., & Gaspersz, V. (2024). INOVASI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI: Membangun Masa Depan yang Berkelanjutan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Aksenta, A., Irmawati, I., Ridwan, A., Hayati, N., Sepriano, S., Herlinah, H., Silalah, A. T., Pipin, S. J., Abdurrohim, I., & Boari, Y. (2023). Literasi Digital: Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Andriyani, W., Purnomo, R., Hendrawan, S. A., Irvani, A. I., Sujarwo, A., Asri, Y. N., Jones, A. H. S., Feta, N. R., Wulandari, I. Y., & Hatma, S. (2024). Data Sebagai Fondasi Kecerdasan Buatan. TOHAR MEDIA.
Arwila, P. P. (2022). Strategies Used by English Teachers in Teaching Reading Comprehension. Journal of Educational Study, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.36663/joes.v2i1.250
Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 27–40.
Franchisca, S., Nurmalia Sari, M., Kristine Nelloe, M., Mulyapradana, A., & Fitriani, N. (2024). The Impact of Motivation on Foreign Language Learning: A Longitudinal Study. Journal on Education, 06(02), 11082–11093.
Gafar, M. F. (2024). Jembatan ilmu: AI dalam konteks akademis untuk masa depan pendidikan. CV Brimedia Global.
Gomathi, R., Maheswaran, S., Mythili, M., Nandita, S., Sathesh, S., Murugesan, G., & Duraisamy, P. (2023). The Exploitation of Artificial Intelligence in Developing English Language Learner’s Communication Skills. 2023 14th International Conference on Computing Communication and Networking Technologies, ICCCNT 2023, 06(01), 750–757. https://doi.org/10.1109/ICCCNT56998.2023.10307203
Hartono, W. J., Sari, M. N., Rasmita, Devi, P., & Uktolseja, L. J. (2023). Multilingualism in the English Classroom: a Literature Review on Strategies and Benefits. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2732–2741.
Iskandar, K., Giovanni, H., & Gunawan, C. (n.d.). 2767-Article Text-7575-1-10-20170505. 9, 419–429.
Kamaruddin, I., Nurmalia Sari, M., Andriani, N., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., Selatan, S., Muhamamdiyah Sungai Penuh, S., Martadinata No, J. R., Sungai Penuh, P., Sungai Penuh, K., Sungai Penuh, K., & Tinggi Ilmu Sosial Dan Politik Waskita Dharma Malang, sekolah. (2024). Evaluasi Kinerja Guru: Model dan Metode dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 06(02), 11349–11358.
Kennedy, P. S. J. (2023). Digitalisasi Pendidikan: Artifial Intelligence di Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, 2(1), 205–215.
Kustami, E., & Sulistiyono, E. (2023). Personalisasi Pemasaran Email dalam Meningkatkan Program Loyalitas: Sebuah Konsep Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 74–87. https://doi.org/10.51903/jimeb.v2i2.606
Lubis, M. S. Y. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 4(1), 1–7.
Muhammad Wali, S. T., Efitra, S., Kom, M., Sudipa, I. G. I., Kom, S., Heryani, A., Sos, S., Hendriyani, C., Rakhmadi Rahman, S. T., & Kom, M. (2023). Penerapan & Implementasi Big Data di Berbagai Sektor (Pembangunan Berkelanjutan Era Industri 4.0 dan Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Mukhid, M. P. (2023). Disain Teknologi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Budaya Organisasi Di Lembaga Pendidikan. Pustaka Egaliter. Com.
Purwanugraha, A., & Kertayasa, H. (2022). Peran komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di smkfarmasi purwakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 5. https://doi.org/10.5281/zenodo.5915160
Putu Wulantari, N., Rachman, A., Nurmalia Sari, M., Jola Uktolseja, L., Rofi, A., Saraswati Tabanan, I., Pahlawan No, J., Peken, D., Tabanan, K., Tabanan, K., Halu Oleo, U., Hijau Bumi Tridharma, K., Kambu, K., Kendari, K., Tenggara, S., Muhammadiyah Sungai Penuh, S., Martadinata No, J. R., Sungai Penuh, P., Sungai Penuh, K., & Sungai Penuh, K. (2023). The Role Of Gamification In English Language Teaching: A Literature Review. Journal on Education, 06(01), 2847–2856.
Rizki, A., Ilmi, M., Junaidi, A., Yusnanto, T., Kase, E. B. S., Safar, M., & Sari, M. N. (2024). Belajar di Era Digital: Memahami Teknologi Pendidikan dan Sumber Belajar Online. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 782–789.
Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2022). an Analysis of Students’ Motivation and Anxiety on Learning English At Sma Negeri 6 Kerinci. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(3), 181. https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i3.10994
Sari, M. N., Setianti, Y., Saleh, K., & Pitra, D. H. (2024). Peran Artificial intelligence ( AI ) dalam Personalisasi Proses Pembelajaran Mahasiswa di Pendidikan Tinggi. 06(04), 20148–20157.
Sediyono, E., Hasibuan, Z. A., Setyawan, I., Harahap, E. P., & Darmawan, A. (2022). Analisa Sistematis Manajemen Pengetahuan Digital Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan di Universitas. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 97–109.
Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., Asry, W., Arsana, I. N. A., Chaniago, G. G., & Wibowo, S. E. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Solahudin, S., Sagita, I., & Sutisna, J. (2022). Optimalisasi Peran Litbang Dalam Mewujudkan Kegiatan Litbang Satu Pintu Di Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pemerintahan, 2(April 2021), 302–308.
Sundari, E. (2024). Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(5), 25–35.
Susanti, W., Kom, S., & Kom, M. (2021). Pembelajaran aktif, Kreatif, dan Mandiri pada mata kuliah algoritma dan pemrograman. Samudra Biru.
ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Edukatif, 1(1), 18–27.
Wahyudi, T. (2023). Studi Kasus Pengembangan dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 28–32.
Zein, A. (2021). Kecerdasan Buatan Dalam Hal Otomatisasi Layanan. Jurnal Ilmu Komputer, 4(2), 16–25.