Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v3i2.291Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, Teknologi Pendidikan, Prestasi Akademik, Efektivitas PembelajaranAbstract
Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Studi ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas PJJ berbasis teknologi dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei terhadap 200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PJJ berbasis teknologi memiliki dampak positif terhadap peningkatan prestasi akademik mahasiswa, terutama dalam hal fleksibilitas belajar, aksesibilitas materi, dan interaksi digital. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan akses internet dan kurangnya motivasi belajar mandiri. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih optimal dalam penerapan PJJ untuk memastikan hasil belajar yang lebih baik
References
Alfitry, S., Pd, M., NURHADI, S. P. I., Sy, S. E., & SH, M. S. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar. Guepedia.
Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy akademik dan konsep diri akademik dengan prestasi akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133.
Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan kemandirian belajar: Merdeka belajar sebagai kunci sukses mahasiswa jarak jauh. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1-215.
HERU, S. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN PADA MATERI PERAWATAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER.
Lestari, S. W. (2020). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (pjj) dalam masa pandemi ditinjau dari media pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 13-24.
Mikdar, S. (2022). Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Perspektif Al-Qur’an (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Numertayasa, I. W. (2024). DINAMIKA PEMBELAJARAN DIGITAL. In PROSIDING SEMINAR PENDIDIKAN (p. 1).
Rahmat, A., Isa, A. H., Ismaniar, M. P., & Arbarini, M. (2021). Model Mitigasi Learning Loss Era Covid 19: Studi pada Pendidikan Nonformal Dampak Pendidikan Jarak Jauh. Samudra Biru.
Sukanto, D. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media E-Learning Sebagai Solusi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Syntax, 2(11), 835.
Warsita, B. (2017). Peran dan tantangan profesi pengembang teknologi pembelajaran pada pembelajaran abad 21. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 77-90.
ZAI, E., TELAUMBANUA, Y. N., LASE, S., & MENDROFA, N. K. (2025). ANALISIS KOMPETENSI CALON GURU MATEMATIKA DALAM PEMANFAATAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PEMBELAJARAN MATEMATIKA. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 5(1), 28-39.