Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Belajar Mahasiswa Di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v3i2.292Keywords:
Media Sosial, Gaya Belajar, Mahasiswa, Interaksi, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh media sosial terhadap gaya belajar mahasiswa di era digital. Dengan melibatkan 200 responden dari berbagai jurusan di beberapa universitas, penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data mengenai penggunaan media sosial dan gaya belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa 85% responden memanfaatkan media sosial sebagai alat bantu belajar, dengan mayoritas mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual secara aktif menggunakan platform seperti YouTube dan Instagram untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Meskipun banyak manfaat yang diperoleh, sekitar 20% responden melaporkan bahwa mereka sering terganggu oleh notifikasi media sosial saat belajar. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memiliki dampak positif yang signifikan terhadap gaya belajar mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 30% terhadap variasi gaya belajar yang diterapkan. Penelitian ini juga mencatat adanya kebutuhan untuk mengembangkan keterampilan manajemen waktu di kalangan mahasiswa agar mereka dapat memanfaatkan media sosial secara efektif tanpa mengurangi produktivitas belajar. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik dan institusi pendidikan dalam merumuskan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa
References
Apriyanti. (2024). Keterlibatan Penggunaan Media Sosial pada Interaksi Sosial di Kalangan Gen Z meningkatkan kreatifitasnya untuk mendesain isi media yang dimiliki , dapat mengirim dan. 1.
Dr. Siti Urbayatun, S.Psi., M.Si., P., Laila Fatmawati, M. P. ;, Vera Yuli Erviana, M. P. ;, & Ika Maryani, M. P. (2019). Kesulitan Belajar dan Gangguan Psikologis Ringan pada Anak (Implementasi pada Anak Usia Sekolah Dasar). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2).
Rahayu. (2023). Postingan Instagram Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jambi.
Rahayu, D. I., Ardiansyah, A., Al-hafiz, M., & Novealdi, H. (2023). Postingan Instagram Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jambi. Jurnal Perspektif, 6(3), 289–299. https://doi.org/10.24036/perspektif.v6i3.784
Sumantri, A., Tamyis, & Ekowati, E. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam. Unisan Jurnal, 3(1), 299–311.