Inovasi Pendekatan Kelompok Kecil dalam Sistem Pembelajaran Anak Bangsawan (PAB) Pada SMP N 3 Touluaan Kabupaten Minahasa Tenggara di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.56854/tp.v1i1.3Keywords:
Pendekatan Kelompok Kecil, Sistem Pembelajaran Anak BangsawanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pendekatan pembelajaran kelompok kecil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di SMP N 3 Touluaan. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dari hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa: peserta didik lebih tertarik dengan sistem pembelajaran anak bangsawan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kelompok kecil dibandingkan pembelajaran online. Hal ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar peserta didik. Begitupun dengan pendidik, pendidik bisa lebih memahami sifat dan kepribadian dari peserta didik dan bisa terjalin keakraban antara peserta didik dan pendidik. Dari hasil temuan tersebut maka direkomendasikan untuk lebih mengembangkan lagi sistem pembelajaran anak bangsawan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kelompok kecil, sebagai alternative dalam pembelajaran dimasa pandemi.