Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Negeri 1 Motoling Timur

Authors

  • Heldy J. Rogahang Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa
  • Jiffry Kawung Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa
  • Astri Pelle Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa
  • Maria Keren Oroh Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa

DOI:

https://doi.org/10.56854/tp.v1i1.5

Keywords:

Smartphone, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemanfaatan Smartphone sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Negeri 1 Motoling Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Motoling Timur. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumnetasi. Dari hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa: (1) Pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK N 1 Motoling Timur yaitu: dapat menambah wawasan dengan mengakses informasi secara lebih bebas dan luas terkait materi bahan ajar di internet, dapat mencari buku-buku pelajaran dengan menggunakan buku elektronik sehingga, lebih memudahkan membuat tugas-tugas pelajaran yang ada didalam kelas maupun tugas rumah, dapat, dan dapat mengirim tugas yang sudah dikerjakan kepada guru. (2) Dampak positif pemanfaatan smartphone khususnya dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan smartphone dalam pembelajaran yaitu: peserta didik dapat menambah informasi pengetahuan secara lebih mudah, lebih bebas dan lebih luas terkait materi bahan ajar di internet. Dampak negatif dalam pemanfaatan smartphone yaitu: peserta didik menjadi malas belajar dan tidak terkadang tidak fokus mengikuti pembelajaran didalam kelas dengan baik karena keasikan bermain smartphone pada saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung, peserta didik dapat melakukan kecurangan pada saat ujian baik mencontek dengan mengakses jawaban di internet. (3) Upaya yang dilakukan terkait pemanfaatan smartphone oleh peserta didik yaitu, Guru harus selalu memperhatikan dan membimbing peserta didik dalam memanfaatkan smartphone dengan memberikan batasan-batasan waktu tertentu ketika diizinkan oleh guru tersebut, dan guru harus memberi sanksi atau mengambil smartphone yang digunakan oleh peserta didik ketika peserta didik melakukan suatu pelanggaran yang berat dalam proses pembelajaran sedang berlangsung.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Astin Nikmah, “Dampak Penggunaan Handphone terhadap Prestasi Siswa”, E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya: Vol. 5, hlm. 2-3, 2019

Kogoya, Dekinus. 2015. “Dampak Penggunaan Handphone Pada Masyarakat Studi Pada Mayarakat Desan Piungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua”, e-journal “Acta Diurna” Vol. IV No.4.

Sabri, A. 2005Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: UIN Jakarta Press.

Sunarno, Adi. 2008. Telephone Courtesy : Panduan Kesopanan Bertelpon secara Internasional di Kantor, Rumah, dan Ponsel. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudin, http://repository.unpas.ac.id/30382/4/11.%20Bab%202.pdf (diakses Jam 2:35 5 Mei 2021)

Warsita, B. 2008Teknologi Pembelajaran : Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Zaki, Ali. 2008. E-Lifestyle: Memnfaatkan Beragam Perangkat Teknologi Digital. Jakarta: Salemba Infotek

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

J. Rogahang, H., Kawung, J. ., Pelle, A. ., & Keren Oroh, M. . (2022). Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Negeri 1 Motoling Timur. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 26–32. https://doi.org/10.56854/tp.v1i1.5

Issue

Section

Articles